Senin, 13 April 2009

Dalil Ilmu Tasawuf Dalam Al-Qur'an Dan Hadits

www.tasawufislam.blogspot.com: Nilai-nilai ajaran tauhid, fiqih dan akhlaq sering dilihat kecenderungannya pada bentuk formalnya saja, khususnya bidang ilmu yang mengambil bentuk prilaku lahiriyah sebagaimana yang tampak dalam ilmu syari'at. Formalisme dalam ritual Islam dipandang amat merugikan, maka Allah mengingatkan kita terhadap adanya bahaya formalisme, sebagaimana firman Allah:

وَإِنَّ رَبَّكَ لَيَعْلَمُ مَا تُكِنُّ صُدُورُهُمْ وَمَا يُعْلِنُونَ

Artinya: "Dan sesungguhnya Tuhanmu, benar-benar mengetahui apa yang disembunyikan hati mereka dan apa yang mereka nyatakan." (Q. S. 27. An-Naml, A. 74).

Ayat yang saya tulis di atas menunjukkan pada kita bahwa formalitas belum tentu sesuai dengan kegaiban dalam fikiran (jalan fikiran) dan kegaiban dalam hati (niat dan hajat dalam hati). Tidak sedikit orang sholat secara jasadi, namun hati dan fikirannya sesungguhnya bukan sedang sholat. Banyak orang jasadnya berwudhu' (bersuci, thoharoh jasadi), tetapi hati dan fikirannya masih dipenuhi virus-virus goibis sayithon, seperti iri, dengki, hasad, hasud, hasumat, dendam, riya dan lain sebagainya, dan masih banyak sederetan contoh lainnya yang dapat kita tuliskan dari hasil pengamatan kita terhadap laku orang perorangan di sekitar kita yang dapat kit ambil pelajaran darinya bahwa formalisme pada hakikatnya lebih cendrung merugikan nilai-nilai spiritual kita, itu sebabnya Allah menyatakan bahwa Dia (Allah) benar-benar mengetahui apa yang disembunyikan hati dan apa yang mereka nyatakan.

Penekanan pada formalisme seperti dalam ilmu syari'at ibadah yang lebih cenderung menekankan syarat, rukun, tata tertib, sah dan batal dalam ritual ajaran Islam dengan tanpa diiringi penghayatan di dalamnya, tidak dapat memenuhi kebutuhan spiritual dan akhlaqul karimah untuk menjadi insanul kamil, insanul muttaqin dan insanul muhsinin. Hal ini disebabkan karena pengutamaan terhadap formalitas saja dapat berakibat ruh ritual ibadah tidak dapat dirasakan, yang dirasakan hanyalah kesibukan ritual jasad yang kering, kurang bermakna pada penjiwaan ritual pelakunya. Padahal pengamalan ritual ajaran Islam senantiasa menuntut laku ritual secara sadar dengan menghadirkan hati dan fikiran serta segenap jiwa dan penjiwaan terhadap nilai-nilai ajaran Islam yang sedang diamalkan. Karena itulah sangat diperlukan pengajaran ilmu penghayatan nilai-nilai spiritual ajaran Islam. Tentu saja hal ini bukanlah merupakan pekerjaan semudah membalikkan telapak tangan, tetapi diperlukan riyadhoh istiqomah yang dilakukan dengan terus menerus secara bertahap dan berkesinambungan. Karena pada hakikatnya Islam menginginkan keterkaitan nilai-nilai aspek ritual jasadi dengan ritual batini.

Karena ritual dualistis (jasadi dan batini) itulah maka tidak heran jika diri kita senantiasa menginginkan adanya kekuatan kontak antara ritual akhlaq jasadiyah yang lebih cenderung medium formal dengan ritual akhlaq batini yang lebih cenderung non medium formal, sehingga menjadi suatu kesatuan yang utuh. Dengan demikian berbagai ritual syari'at ibadah jasadi (wudhu, puasa, infaq, shodaqoh, zakat, haji dan akhlaq fositif lainnya) kontak dengan ritual ibadah batini terfokus dan terkonsentrasi pada satu arah tujuan yang pasti hanya kepada Allah dan ikhlas karena Allah yang realita ZatNya berwujud goibi, imani, hayati, maknawi, ruhani dan nurani, bukan jasadi. Namun ritual akhlaq Islami tidaklah dilakukan secara batini semata, tetapi juga harus diiringi dengan ritual ibadah jasadi, kecuali dalam keadaan darurat jasadi seperti sakit dan sebagainya yang tidak memungkinkan ritual ibadah jasadi dilakukan, maka ritual ibadah batini sah dilaksanakan. Ritual ibadah jasadi dalam bentuk ucapan dan ritual perbuatan nyata, di dalamnya mengandung maksud tujuan untuk mempengaruhi batini dan menuntun aqal fikiran dan qolbi dalam rangka upaya penghayatan terhadap ibadah yang akan, sedang dan telah dilakukan. Dengan demikian ritual ibadah yang dilakukan itu, selain mengandung hikmah untuk penghayatan pengabdian diri kepada Allah Zat Yang Maha Goib, juga ritual tersebut mengandung efek kesucian jasadi wal batini dan menjadikan pelakunya jauh dari virus-virus kemungkaran. Dengan penghayatan spiritual seperti ini, sistem nilai yang berkaitan dengan keimanan dan keakhlaqan berpadu utuh dengan sistem norma dalam syari'at Islam.

Sejalan dengan itu, Al-Qur'an dan Al-Hadits sebagai pedoman dan tuntunan abadi kita sepanjang masa, pastilah di dalamnya terkandung nilai-nilai spiritual di samping nilai-nilai lainnya. Berbagai ayat dalam Al-Qur'an dan sabda Rasul dalam kitab Al-Hadits menunjukkan secara jelas kepada kita bahwa nilai-nilai spiritual itu memang ada, diantaranya sebagai berikut:

وَلِلّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّواْ فَثَمَّ وَجْهُ اللّهِ إِنَّ اللّهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: "Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui." (Q. S. 2. Al-Baqoroh, A. 115).

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُواْ لِي وَلْيُؤْمِنُواْ بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Q. S. 2. Al-Baqarah, A. 186).

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ

Artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya." (Q. S. 50. Qof, A. 16).

فَوَجَدَا عَبْداً مِّنْ عِبَادِنَا آتَيْنَاهُ رَحْمَةً مِنْ عِندِنَا وَعَلَّمْنَاهُ مِن لَّدُنَّا عِلْماً

Artinya: "Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami." (Q. S. 18. Al-Kahfi, A. 65).

Demikian juga halnya dengan Al-Hadits, diantara sekian banyak Hadits Rasul yang menjelaskan tentang nilai-nilai spiritual, yang sering kita dengan dan kita ucapkan adalah:

"Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Pada suatu hari, Rasulullah saw. muncul di antara kaum muslimin. Lalu datang seorang laki-laki dan bertanya: Wahai Rasulullah, apakah Iman itu? Rasulullah saw. menjawab: Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-rasul-Nya dan kepada hari berbangkit. Orang itu bertanya lagi: Wahai Rasulullah, apakah Islam itu? Rasulullah saw. menjawab: Islam adalah engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun, mendirikan salat fardu, menunaikan zakat wajib dan berpuasa di bulan Ramadan. Orang itu kembali bertanya: Wahai Rasulullah, apakah Ihsan itu? Rasulullah saw. menjawab: Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Dan jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia selalu melihatmu. Orang itu bertanya lagi: Wahai Rasulullah, kapankah hari kiamat itu? Rasulullah saw. menjawab: Orang yang ditanya mengenai masalah ini tidak lebih tahu dari orang yang bertanya. Tetapi akan aku ceritakan tanda-tandanya; Apabila budak perempuan melahirkan anak tuannya, maka itulah satu di antara tandanya. Apabila orang yang miskin papa menjadi pemimpin manusia, maka itu tarmasuk di antara tandanya. Apabila para penggembala domba saling bermegah-megahan dengan gedung. Itulah sebagian dari tanda-tandanya yang lima, yang hanya diketahui oleh Allah. Kemudian Rasulullah saw. membaca firman Allah Taala: Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana ia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. Kemudian orang itu berlalu, maka Rasulullah saw. bersabda: Panggillah ia kembali! Para sahabat beranjak hendak memanggilnya, tetapi mereka tidak melihat seorang pun. Rasulullah saw. bersabda: Ia adalah Jibril, ia datang untuk mengajarkan manusia masalah agama mereka." (Shahih Muslim No.10).

Nilai-nilai spiritual yang tersurat dan tersirat dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits itulah yang menjadi dalil utama keberadaan ilmu tasawuf di jagat Allah ini. www.tasawufislam.blogspot.com

Artikel ini ditulis oleh: Drs. P.M. Gunawan Nst. (Dosen Ilmu Tasawuf di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah (STITM) Sibolga.

44 komentar:

  1. wahai ustadz saya mau tanya neh,klu memang tasawuf itu ada,berarti di zaman nabi dan sahabat pasti ada dong?kalau ada

    boleh tunjukin hadits danrentetan hadits nya gak?

    karena sepengetahuan ku yang namanya aliran tasawuf itu sesat dan menyimpang dari ajaran islam.

    nah jika aku salah mohon paham aku dengan jawaban yang ku minta ya ustadz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibnu taymiyah membagi dua sufi, sufi yg sesat dan yg benar, ibnu taymiyah akhirhayat nya berbaiat pada seorang syeikh sufi,, siapa yg mati tanpa ikatan baiat di lehernya, mati nya mati jahiliyah,, bnyk murid ibnu taymiyah yg dijadikan pedoman bagi mereka yg katanya berpaham salafy hehehe

      Hapus
    2. Pembagian Shûfî Menurut Ibnu Taimiyah

      Menurut Ibnu Taimiyah, para Shûfî itu dapat dibagi menjadi 3 golongan:

      1. Shûfî yang hakiki (shufiyyah al-haqa’iq)

      2. Shûfî yang hanya mengharapkan rezki (shufiyyah al-arzaq)

      3. Shûfî yang hanya mementingkan penampilan (shufiyyah al-rasm)

      Shûfî yang hakiki menurutnya adalah mereka yang berkonsentrasi untuk ibadah menjalani kezuhudan di dunia. Mereka adalah orang-orang yang memandang bahwa seorang Shûfî adalah “orang yang bersih (hatinya) dari kotoran, dipenuhi dengan tafakur, dan yang menjadi sama baginya nilai emas dan batu.”[7]

      Menurut Ibnu Taimiyah, seorang Shûfî yang hakiki haruslah memenuhi 3 syarat berikut:

      1. Ia harus mampu melakukan “keseimbangan syar’i”. Yaitu dengan menunaikan yang fardhu dan meninggalkan yang diharamkan. Dengan kata lain, seorang Shûfî yang hakiki harus komitmen dengan jalan taqwa.

      2. Ia harus menjalani adab-adab penempuh jalan ini. Yaitu mengamalkan adab-adab syar’i dan meninggalkan adab-adab yang bid’ah. Atau dengan kata lain, mengikuti adab-adab al-Qur’an dan sunnah Nabi saw.

      3. Bersikap zuhud terhadap dunia dengan meninggalkan hal-hal yang tidak ia butuhkan dan menyebabkannya hidup berlebihan.

      Adapun shufiyyah al-arzaq (yang hanya mengharapkan rezki) adalah mereka yang bergantung pada harta-harta wakaf yang diberikan kepada mereka.

      Sedangkan shufiyyah al-rasm adalah sekumpulan orang yang merasa cukup dengan menisbatkan diri kepada Shûfî. Bagi mereka yang penting adalah penampilan dan perilaku lahiriah saja, tidak hakikatnya. Menurut Ibnu Taimiyah, mereka ini sama dengan orang yang merasa cukup berpenampilan seperti ulama –hingga menyebabkan orang bodoh menyangka mereka benar-benar ulama, padahal sebenarnya bukan.[8]

      Dengan pembagian ini, kita dapat mengatakan bahwa Ibnu Taimiyah telah mencermati perkembangan Tasawuf dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, ia seperti menegaskan adanya semacam pergeseran dalam memahami Tasawuf yang sesungguhnya. Itulah sebabnya, -sebagaimana telah disinggung sebelumnya- bagi Ibnu Taimiyah, wali Allah yang hakiki itu tidak memiliki model penampilan khusus yang berbeda dengan kaum muslimin lainnya. Mengapa? Karena –menurutnya- para wali itu sebenarnya tersebar dan ada dalam setiap kelompok dan lapisan masyarakat yang berpegang teguh pada Syariat Allah yang benar dan meninggalkan bid’ah. Mereka ada di tengah para ulama, qurra’, prajurit yang berjihad, atau profesi-profesi lainnya. Para wali itu bergerak menunaikan kewajiban duniawi mereka dengan tidak melepaskan penghambaan mereka kepada Allah Ta’ala.[9]

      Di sisi yang lain, Ibnu Taimiyah juga mengkritik para Shûfî yang hanya memberikan perhatian terhadap ranah ruhani saja, tanpa memperhatikan ranah lahiri dan sosial. Baginya, ketimpangan yang terjadi pada salah satu dari sisi ruhani dan lahiri akan mengakibatkan munculnya sebuah bid’ah baru. Sebab Islam sesungguhnya menyerukan kesalehan masyarakat manusia yang utuh, zhahir dan bathin. Seorang Shûfî yang sempurna menurutnya harus mampu menyelaraskan amalan hati dengan amalan duniawi. Ia menyebutnya dengan, “Dunia berkhidmat untuk dien (agama).”[10]

      Hapus
    3. Dari segimana anda dapat mengatakan bahwa tasawuf itu sesat, sy akan jawab dengan apa yg sy tau... Tasawuf itu di pelajari untuk mengetahui kelemahan diri dan dapat memandang kebagusan allah, org tasawuf yg benar dia lebih dapat bersyukur kpd allah yg maha pengasih maha penyayang, dan org taswuf sangat takut lupa allah walaupun satu detik... Karna org tasawuf tdk meninggalkan syariat yg mana allah sudah mensyariatkan kpd rasulullah, belajar taswuf adalah untuk dapat menghadapkan hati kpd allah... Syariat adalah perbuatan, Tasawuf hadap hati kpd allah, sebagaimana doa iftitah dalam melakukan sembahyang, wajahtu wajhiya lillazi fatarassamawati wal arzha, hanifammuslimau wama anna minal musyrikin...artinya aku hadapkan muka dan hatiku kpd zat pencipta langit dan bumi dalam ke adaan lurus, dan aku bukan lah golongan kaum musyrikin...dalam solat kita di syariatkan menghadap wajah muka kuta kpd kiblat dan Hati menghadapkan kpd allah, sehingga di dalam solat tdk teringat pekerjaan apabila kita benar benar dpt menghadap kpd allah... Karna allah berfirman dlm alquran : celakalah bagi yg solat ketika hati nya lalai dalam melakukan solat

      Hapus
    4. Lalai hati mengingat allah dalam solat dikatakan tdk kusyuk, makanya jgn lah setengah tengah mendengar ilmu ketaswufan... Karna allah berfirman dlm alquran ayat 35 surat al maidah, allah memanggil irg yg beriman untuk bertaqwa kpd nya dan di suruh mencari petunjuk spy hamba nya dekat dengan nya dan diauruh berjuang dgn jalan wasilah, dan baru lah memberi hamba nya keberuntungan...085210317375, kl ingin diskusi, tetapi jangan buruk sangka dulu.. Karna buruk sangka adalah tertupnya hidayah allah, dlm surat al bakarah di jelas kan, Manusia itu berpenyakit lalu aku tambah penyakit lagi, sungguh azab ku sangat pedih

      Hapus
  2. Tasawuf merupakan gerakan berpola pikir filsafat klasik yang mengekor kepada para filosof dan ahli syair Romawi, India dan Persia. Namun, dalam hal ini, kita akan membatasi kajian masalah sufi dengan berkedok Islam.

    Kedok Islam ini dikenakan sebagai upaya menutupi hakikatnya. Maka barangsiapa yang meneliti dan mengamati gerak-geriknya, niscaya akan berkesimpulan, bahwa sufi bukan Islam. Baik menyangkut aqidah, prilaku dan pendidikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibnu taymiyah membagi dua jenis sufi,, ada yg sesat ada yg tdk, para wali songo menyebarkan islam atas dasar perintah para khalifah, jadi para wali berbaiat,,, siapa yg mati tanpa baiat, mati nya mati jahiliyah,, apakah para wali songo ahli sufi,, jawaban nya iya,, apakah seorang sufi yg berucap laa ilahailallah sebelum dia wafat selama hidup nya sesat hehehehe kalau anda tdk maha tau dengan isi dunia ini, berhati2 lah dalam berkata,, setiap perkataan akan di pertanggung jawabkan

      Hapus
    2. Yang terpenting adalah bagaimana untuk menyatukan umat, bukan malah saling menghujat. jangan sebut dirimu sufi, jangan juga sebut dirimu salafi. Cukup ISLAM! Resapi lagi isi surat Al Imran ayat 103 dan 105

      Hapus
    3. Bagai mana bisa pola pikir filsafat, karena pikiran dari pada suffi itu iyalah memahami tentang allah, bagai mana mau beribadah kalau tak kenal allah, karena sudah jelas dalam hadist qudsy: awaluddin ma'rifatullah,
      Awal dari pada beragama adalah mengenal allah,
      Jadi tidak sah ibadah anda tanpa mengenal tuhan, karena sudah jelas dalam alqur'an dan hadist, karena kata allah dalam hadist qudsi, man arofa adam faqod arofa muhammad, man arofa muhammad faqod arofa ruh, man arofa ruh faqod arofa robbun,
      Siapa yg mengenal adam maka akan mengenal muhammad, siapa yg mengenal muhammad maka akan mengenal ruh, siapa yg mengenal ruh maka iya akan mengenal tuhan (allah), jadi kenali dulu siapa yg di dalam dirimu, lalu kau akan kenal siapa di dalam diri manusia sampai manusia itu hidup, karena tidak ada yg mampu memahami jika dia belum mengenal akan akan allah, karena para suffi adalah orang yg telah mematikan dirinya, karena dia mengenal siapa yg di dalam dirinya, jika anda katakan sesat, maka saya akan bertanya dimana allah, dan ketika kau sholat apakah kau melihatnya..?

      Hapus
    4. Fakhruddin ar-Razi, berkata, "Ketahuilah, sesung-guhnya orang yang yang menghitung jumlah kelompok atau golongan dalam agama ini, dan dia tidak memasukkan kelompok sufi sebagai bagian darinya, maka itu merupakan sebuah kesalahan, karena maksud dan inti dari perkataan orang-orang Sufi adalah, bahwa jalan menuju Allah SWT yaitu membersihkan jiwa dan melepaskannya dari ketergantungan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan jasad, dan ini merupakan jalan yang baik."

      Sufi yang sejati adalah sufi yang berpegang teguh dengan syariat (al-Qur'an dan Sunnah) sebagaimana yang diwasiatkan oleh Imam al-Junaid al-Bagdadi. Beliau berkata, "Ajaran-ajaranku ini diikat kuat dengan al-Qur'an dan Sunnah." Beliau berkata lagi, "barangsiapa yang tidak menjaga (menghapal) al-Qur'an dan tidak menulis hadits, maka itu tidak boleh diikutkan dalam urusan ini (tasawuf) sebab ilmu kami ini diikat dengan kitab dan sunnah."

      Hapus
  3. MENGENAL BEBERAPA KEYAKINAN SUFI
    Sesungguhnya para penguasa sufi telah berusaha memelihara keyakinan-keyakinan tasawuf, yakni, dengan merancukan dan menghapuskan ayat-ayat Al-Kitab Al-Karim. Membolak-balik, serta merubah pemahaman Sunnah An-Nabawiyah yang telah suci. Akan tetapi Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menakdirkan untuk agama ini, orang-orang yang memperbaharui agama-Nya.

    Yakni, dengan membersihkan Islam dari bermacam aqidah dan filsafat yang mengalir dalam benak manusia akibat pengaruh pola pikir keberhalaan. Maka, diungkaplah borok-borok mereka, dipilah perkataan mereka serta diterangkan kebohongannya. Metoda merekapun dibuyarkan dengan menelaah kitab-kitab induk sufi. Berikut secara ringkas ditampilkan keyakinan-keyakinan mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibnu taymiyah membagi dua jenis sufi,, ada yg sesat ada yg tdk, para wali songo menyebarkan islam atas dasar perintah para khalifah, jadi para wali berbaiat,,, siapa yg mati tanpa baiat, mati nya mati jahiliyah,, apakah para wali songo ahli sufi,, jawaban nya iya,, apakah seorang sufi yg berucap laa ilahailallah sebelum dia wafat selama hidup nya sesat hehehehe kalau anda tdk maha tau dengan isi dunia ini, berhati2 lah dalam berkata,, setiap perkataan akan di pertanggung jawabkan

      Hapus
  4. ILMU LADUNI
    Istilah ini dikaitkan kepada firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala tentang nabi Khidir:

    "wa 'allamnaahu min Ladunnaa 'ilmaan"
    "Artinya :...Dan Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.". [Al-Kahfi : 65].

    Yang dimaksud dengan ayat diatas, menurut mereka, adalah disingkapnya alam ghaib bagi mereka. Caranya, dengan kasyaf (penyingkapan) , tajliyat (penampakan) serta melakukan kontak langsung dengan Allah dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam[1]. Mereka berdalil dengan firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala.

    "Artinya : Dan bertaqwalah kepada Allah, maka Allah akan mengganjari kepada kalian semua". [Al-Baqarah : 282].

    Pemikiran ilmu laduni dipelopori oleh Hisyam Ibnu Al-Hakam (wafat 199H), seorang penganut Syi'ah yang mahir ilmu kalam. Ia berasal dari Kufah. [2]

    Orang-orang sufi, dalam rangka merealisir ajarannya, menempuh beberapa jalan. Jalan terpenting itu, diantaranya :

    BalasHapus
  5. hadits-hadits dha'if (lemah), munkar dan maudhu' (palsu) dengan cara kasyaf. Sebagaimana dikatakan Abu Yazid Al-Busthami, "Kalian mengambil ilmu dari mayat ke mayat. Sedang kami mengambil ilmu dari yang Maha Hidup dan tidak pernah mati. Hal itu seperti yang telah disampaikan para pemimpin kami : "Telah mengabarkan pada aku hatiku dari Rabbku".[1] Menjauhkan diri dari menuntut ilmu syar'i. Dikatakan oleh Al-Junaid, seorang pentolan sufi, "Yang paling aku sukai pada seorang pemula, bila tak ingin berubah keadaannya, hendaknya jangan menyibukkan hatinya dengan tiga perkara berikut : mencari penghidupan, menimba ilmu (hadits) dan menikah. Dan yang lebih aku sukai lagi, pada penganut sufi, tidak membaca dan menulis. Karena hal itu hanya akan menyita perhatiannya" .[3]

    Demikian pula yang dikatakan Abu Sulaiman Ad-Darani, "Jika seseorang menimba ilmu (hadits), bepergian untuk mencari penghidupan, atau menikah, sungguh ia telah condong kepada dunia"[.4]

    BalasHapus
  6. [2] Menghancurkan sanad-sanad hadits dan menshahihkan Sedang kalian (maksudnya, kalangan Ahlu Al-hadits) mengatakan : "Telah mengabarkan kepada kami Fulan". Padahal, bila ditanya dimana dia (si Fulan tersebut) ?. Tentu akan dijawab : "Ia (Fulan, yakni yang meriwayatkan ilmu atau hadits tersebut) telah meninggal". "(Kemudian) dari Fulan (lagi)". Padahal, bila ditanyakan dimana dia (Fulan tadi)? Tentu akan dijawab : "Ia telah meninggal".[ 5] Dikatakan pula oleh Ibnu Arabi, "Ulama Tulisan mengambil peninggalan dari salaf (orang-orang terdahulu) hingga hari kiamat. Itulah yang menjauhkan atau menjadikan timbulnya jarak antara nasab mereka. Sedang para wali mengambil ilmu dari Allah (secara langsung -peny). Yakni, dengan cara Ia (Allah) mengilhamkan kedalam hati para wali"[6]. Dikatakan oleh Asy-Sya'rani, "Berkenan dengan hadits-hadits. Walaupun cacat menurut para ulama ilmu hadits, tapi tetap shahih menurut ulama ilmu kasyaf".[7].

    [3] Menganggap menimba ilmu (hadits) sebagai perbuatan aib dan merupakan jalan menuju kemaksiatan serta kesalahan. Ibnu Al-Jauzi menukil, bahwa ada seorang syaikh sufi melihat seorang murid membawa papan tulis (baca : buku), maka dikatakannya kepada murid tersebut :"Sembunyikan auratmu".[8] Bahkan, mereka saling mewariskan sebagian pameo-pameo yang bertendensi menjauhkan peninggalan salaf, umpanya : Barang siapa gurunya kitab, maka salahnya lebih banyak dari benarnya.

    BalasHapus
  7. Sanggahan terhadap pernyataan-pernyata an sebagaimana diungkap diatas :

    Pertama.
    Barangsiapa berkeyakinan, bahwa dengan kemampuannya dapat berjumpa dengan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, seperti keadaan nabi Khidir dengan nabi Musa, maka ia telah kafir berdasarkan ijma' para ulama kaum muslimin. Karena, nabi Musa tidaklah diutus kepada nabi Khidir, dan tidak pula nabi Khidir diperintahkan untuk mengikuti nabi Musa.

    Padahal Allah telah menjadikan masing-masing nabi mempunyai jalan dan minhaj yang berbeda-beda. Dan peristiwa yang demikian itu, berulang kali terjadi sebelum beliau diutus sebagai nabi. Seperti, sezamannya nabi Luth denga nabi Ibrahim, nabi Yahya dengan nabi Isa.

    Sesungguhnya para nabi tersebut dibangkitkan untuk kaumnya saja, sedangkan Muhammad shalallallahu 'alaihi wa sallam dibangkitkan untuk seluruh manusia hingga hari kiamat. Telah bersabda Shallallahu 'alaihi wa sallam.

    "Artinya : Adalah para nabi diutus untuk kaumnya saja, sedangkan aku diutus untuk seluruh manusia". [Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim].

    "Artinya : Tidak seorang pun dari umat ini yang mendengar tentangku, baik Yahudi atau Nashrani, kemudian tidak beriman kepadaku, melainkan akan dimasukkan ke neraka" [Hadits Shahih Riwayat Muslim I/93]

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca hadits ini,, semoga lekas sembuh hehehe
      Telah menceritakan kepada kami Mu’allaa bin Asad telah menceritakan kepada kami ‘Abdul ‘Aziz bin Mukhtar telah menceritakan kepada kami Tsabit Al Bunani dari Anas radliallahu ‘anhu mengatakan, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Siapa melihatku dalam mimpi, berarti ia telah melihatku, sebab setan tidak bisa menjelma sepertiku, dan mimpi seorang mukmin adalah sebagian dari empat puluh enam bagian kenabian.”. (HR. Bukhari No.6479)

      Hapus
    2. Telah menceritakan kepada kami Abu Ar Rabi’ Sulaiman bin Dawud Al ‘Ataki; Telah menceritakan kepada kami Hammad yaitu Ibnu Zaid; Telah menceritakan kepada kami Ayyub dan Hisyam dari Muhammad dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barang siapa bermimpi melihatku dalam tidurnya, maka sesungguhnya dia benar-benar melihatku; karena setan itu tidak dapat menyerupai bentukku.”. (HR. Muslim No.4206)

      Hapus
  8. Aqidah semacam ini merupakan asasnya Islam, berdasarkan firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala.

    "Artinya : Tidaklah engkau Kami utus kecuali untuk seluruh manusia, sebagai pemberi khabar gembira dan pemberi peringatan". [Saba' : 28]

    Dan firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala.

    "Artinya : Katakanlah, wahai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kalian semua". [Al-A'raf : 157]

    Dan siapa saja yang 'alim, baik jin maupun manusia, diperintahkan untuk mengikuti rasul yang ummi ini. Maka barangsiapa yang mengaku bahwa dengan kemampuannya dapat keluar dari minhaj dan petunjuk nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam ke minhaj lainnya, walaupun minhaj Isa, Musa, Ibrahim, maka dia sesat dan menyesatkan. Telah bersabda Shalallahu 'alaihi wa sallam.

    "Artinya : Seandainya Musa turun, lalu kalian semua mengikutinya dan meninggalkan aku, maka sungguh sesatlah kalian. Aku adalah bagian kalian, dan kalian adalah bagian dari umat-umat yang ada". [Riwayat Baihaqi dalam Syu'abu al-Iman, dan lihat pula dalam Irwa'al-Ghalil karangan Al-Bani hal. 1588]

    BalasHapus
  9. Adapun keyakinan orang-orang sufi bahwa nabi Khidir masih tetap hidup, selalu berhubungan dengan mereka, mengajarkan kepada mereka ilmu yang diajarkan Allah kepadanya, seperti nama-nama Allah yang Agung, hal ini merupakan dusta dan mengada-ada. Karena menyelesihi Al-Qur'an secara nyata :

    "Artinya : Dan tidaklah kami jadikan seorang manusiapun sebelummu abadi". [Al-Anbiya' : 34]

    "Artinya : Tidak ada satu jiwapun yang bernafas pada hari ini yang datang dari zaman seratus tahun sebelumnya, sedangkan dia saat sekarang ini masih hidup". [Hadits Riwayat Ahmad dan Tirmidzi dari Jabir]

    Hadits-hadits yang menerangkan masih hidupnya nabi Khidir semuanya maudhu' (palsu) menurut kesepakatan seluruh ulama hadits.[9]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang perlu anda ketahui, hidup dimana dulu, karena alam ini ada dua, alam nyata alam yg tak nyata.

      Hapus
    2. Yang perlu anda ketahui, hidup dimana dulu, karena alam ini ada dua, alam nyata alam yg tak nyata.

      Hapus
  10. Kedua.
    Adapun hujjah mereka dengan firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala.
    "Artinya : Dan bertaqwalah kepada Allah dan Allah akan mengajarimu (ilmu)". [Al-Baqarah : 282]

    Hal itu bukanlah hujjah, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah menerangkan pemahaman ayat ini dan telah menentukan cara mencari ilmu yang disyari'atkan dan diwajibkan atas setiap muslim. Seperti sabdanya Shallallahu 'alaihi wa sallam.

    "Artinya : Sesungguhnya ilmu itu (diperoleh) dengan cara belajar". [Hadits Riwayat Daruquthni dalam Al-Ifrad wa al-Khatib dalam tarikhnya dari Abu Hurairah dan Abu Darda'. Lihat Silsilah Ash-Shahihah 342]

    Kata innama (sesungguhnya) disini adalah untuk membatasi.

    Ketiga.
    Perihal pendapat mereka yang menyatakan, bahwa mencari ilmu dengan cara belajar adalah jalan yang memayahkan, terlalu bertele-tele, dianggap condong kepada dunia serta menyita perhatian dan kesungguhan (walaupun telah tinggi dalam menuntut ilmu tadi), tetap dianggap tidak sempurna. Kecuali, bila ditempuh dengan cara kasyaf dan ilham.

    BalasHapus
  11. Berkenan dengan ilmu itu sendiri, termasuk tentunya dalam pengamalannya. Bahkan sebatas mencari ilmu semata. Berkata Ibnu Al-Jauzi, "Iblis menginginkan untuk menutup jalan tersebut dengan cara yang paling samar. Memang jelas bahwa yang dimaksud adalah mengamalkannya bukan sebatas mencari ilmu saja. Namun, dalam hal ini para penipu itu telah menyembunyikan masalah pengamalannya. [10] Dan tidaklah kasyaf yang mereka dakwakan itu, kecuali hanya khayalan setan belaka.

    "Artinya : Maukah Aku khabarkan kepada kalian tentang kepada siapa setan turun ? (Setan) turun kepada setiap pendusta dan suka berbuat dosa. Mereka menghadapkan pendengarannya itu (kepada setan), dan kebanyakan mereka adalah orang-orang pendusta". [Asy-Syu'ara : 221-223]

    "Artinya : Tidaklah kamu melihat bahwasanya Kami telah mengirim setan-setan itu kepada orang-orang kafir untuk menghusung mereka agar berbuat maksiat dengan sungguh-sungguh ? Maka janganlah kamu tergesa-gesa memintakan siksaan bagi mereka, karena sesungguhnya Kami hanya menghitung (hari siksaan) itu untuk mereka dengan perhitungan yang teliti. Ingat ketika hari Kami mengumpulkan orang-orang yang bertaqwa kepada Rabb yang Maha Pemurah sebagai perutusan yang terhormat. Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahannam dalam keadaan dahaga". [Maryam : 83-86]

    BalasHapus
  12. Adapun pengakuan mereka, seperti pensyarah Al-Ushul katakan, bahwa kasyaf merupakan bagian dari iman yang benar. Dan maksud kasyaf adalah disingkapkannya sebagian yang tersembunyi, dan tidak tampak, mengetahui gerak-gerik jiwa dan niat serta kelemahan sebagian manusia. Kasyaf semacam inilah yang disebutkan dalam hadits syarif sebagai firasat seorang yang beriman. [11] Jadi bila ada perkataan mereka semacam ini : "Telah mengabarkan kepadaku hatiku dari Rabb-ku" tidak lain adalah perkataan khurafat.

    Keempat.
    Sebagian mereka mengakku dapat melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam tidurnya, lalu mengajarkan kepadanya beberapa perkara dan memintanya untuk berbuat begini dan begitu. Seperti, kata Ibnu Arabi, "Sesungguhnya aku telah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam mimpi. Aku melihatnya saat sepuluh akhir di bulan Muharram 627H, di Mahrusah, Damsyiq. Saat itu di tangan beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam membawa kitab. Maka sabdanya kepadaku, 'Kitab ini adalah kitab Fushush Al-Hikam'. Ajarkan dan sebarkan kepada manusia agar bisa memetik manfa'at darinya. Kemudian aku katakan, Aku dengar dan taat kepada Allah, Rasul-Nya serta ulil amri diantara kita sebagaimana yang engkau perintahkan. Maka, aku pun berusaha merealisasikan cita-cita dan aku murnikan niatku serta kubulatkan tekad untuk mengajarkan kitab ini sebagaimana diajarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. tanpa mengurangi dan menambahinya" .

    Bantahan Terhadap Pendapat Diatas Adalah Sebagai Berikut:

    [1] Para Rasul tidak memerintahkan kemaksiatan apalagi kekufuran, seperti yang memenuhi kitab Fushush Al-Hikam. Seperti, mengkafirkan nabi Allah, Nuh (hal. 70-72), meyakini bahwa Fir'aun itu telah beriman (hal. 21), membenarkan pendirian Samiri dan perbuatannya dalam membuat patung (yang menimbulkan fitnah di kalangan bani Israil) hingga mengibadahinya (hal. 188).

    [2] Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak menyuruh menyelisihi syari'at. Sesungguhnya, ada yang mengatakan bahwa setan menampakkan diri dalam bentuk nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam di hadapan Ibnu Arabi. Padahal mustahil hal itu bisa terjadi. Dia (Ibnu Arabi) telah tertipu dan terperdaya. Walau ia mengatakan yang demikian itu dengan niat baik dan prasangka bersih. Tetapi yang demikian itu mustahil, karena setan tidak akan mampu menyerupai nabi. Maka, bagaimana hal itu bisa terjadi padahal Nabi yang ma'shum Shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda :

    "Artinya : Barangsiapa yang melihatku (dalam mimpinya) maka sesungguhnya akulah dia. Karena sesungguhnya setan tidak bisa menyerupaiku" . [Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dari Abu Hurairah, mempunyai penguat yang sangat banyak, sebagiannya Shahih diriwayatkan Bukhari dan Muslim. Lihat Shahih Al-Jami' dan ziyadahnya V/293]

    Berdasarkan keterangan diatas, maka kita berkeyakinan bahwa Ibnu Arabi dan para pengikutnya adalah dajjal-dajjal Khurasan. Sedang perkataan-perkataan mereka dusta dan tidak mengandung kebenaran sama sekali.

    BalasHapus
  13. [Disadur dari kitab Al-Islam fi-Dha'u Al-Kitab wa As-Sunnah, cet.II, hal. 81-97. Dan dimuat di majalah As-Sunnah edisi 17/II/1416H- 1996M, dengan judul Borok-Borok Sufi]
    ________
    Foote Note.
    [1]. Ihya 'Ulummuddin, Al-Ghazali, I/19-20 dan III/26, cet. Istiqomah, Qahirah.
    [2]. Minhaj As-Sunnah, Syaikh Islam Ibnu Taimiyah, hal. 226
    [3]. Quwat Al-Qulub, III/35
    [4]. Al-Futuhat Al-Makkiyah, Ibnu Arabi, I/37.
    [5]. Al-Kawakib Ad-Durriyah, hal. 226 dan Al-Futuhat Al-Makkiyah, I/365.
    [6]. Al-Kawakib Ad-Durriyah, hal. 246 dan Rasail, Ibnu Arabi, hal.4.
    [7]. Al-Mizan, I/28.
    [8]. Tablis Iblis, hal. 370.
    [9]. Al-Manar Al-Munif, Ibnu Qayim Al-Jauziyah.
    [10]. Shaid Al-Khaathir, Ibnu Jauzi, I/144-146.
    [11]. Syarah Al-Ushul Al-Isyrin, hal 27.

    BalasHapus
  14. maaf ya ustadz bkn melawan,cuma tukar pikiran.dan yang pasti aku bukan dari organisasi NU atau Muhammadiyah. kembalikan semua kepada Al-Quran dan Hadits. karena surga hanya untuk org yg berpaham Al-Quran,hadits.bkn membawa paham hawa nafsu dan ideologi aliran yang menghalalkan Bid'ah yang jelas nabi telah mengharamkannya.

    aku hanya si penuntut ilmu syar'i.
    semoga kita slalu di beri petunjuk oleh ALLAH dan di jauhkan dari segala perbuatan Bid'ah. Aminnnnn

    BalasHapus
  15. Saya juga berkomentar, dasar yang wellboy ungkapkan itu merupakan penyimpangan dari ahli tasawuf yang memang terjadi dalam sejarah. Memang banyak penyimpangan mereka lalukan tapi ada juga yang sebenar-benar ahli tasawuf. Berangkat dari kata tasawuf adalah suatu ilmu atau istilah menamakan kepribadian seorang muslim dalam hubungannya dengan Allah, manusia dan alam sekitarnya. Tak sedikit sejarah mencatat prestasi mereka dalam sejarah membuat zaman keemasan di masa Khalifah Abbasiyah seperti AlFarabi, Ibnu Sina , AlGhazali dsbnya. Jika kita mendudukan perkaranya pada tempatnya tak ada jenis ibadah baru untuk tasawuf, melainkan teknis atau ilmu untuk beribadah lebih baik sebagai akibat berkembangnya pemahaman seorang ahli tasawuf. Memang tak semua awam tak memahami seperti peng kritik tasawuf sebab mereka tak mengamalkannya. Sebagai contoh para pengerak manhaj salafy yang anti tasawuf tidak bisa melihat kemungkaran dilakukan umat lain terhadap umat islam sekarang ini, jika diberikan bukti kuat photo pasti minta dalil, ya mana ada? sebab kita tak ditempat peristiwa terjadi, jika diberikan link pasti mereka hapus, apakah ini sportif? Sadarkah tindakan ada apa hakikatnya benar? atau membantu musuh islam menghancurkan umat islam dari dalam ? ini kritik membangun ,kalau tersinggung saya minta maaf , sebab kan dengan niat tulus

    BalasHapus
  16. segala sesuatu harus ada dalilnya , kalau mengerjakan sesuatu tanpa dalil apa gunanya. seperti mengajarkan ilmu kepada seseorang yang padahal dia sendiri belum tahu benar ilmunya.. nabi saja ditegur langsung oleh allah pada saat memberikan ilmu kepada sahabatnya yang nabi sendiri tidak tahu benar..

    BalasHapus
  17. adakah perkataan RASULULLAH yang melarang tentang tassawuf (bukan alhli suffah) ? istilah tasawwuf hadir jauh setelah RASULULLAH,, mari kita perbaiki syari'at jika sudah benar baru berbicara tarikat, ma'rifat dan hakikat ......

    BalasHapus
  18. podo gobloke ae kakeen ngomong,wg kbh yo mung tembung jare ae.ora ono sg pasti.salafi wahabi yg katanya benar mana buktinya?tukang koreksi org tp dia sendiri gak koreksi diri sendiri.merasa benar sendiri itu sifat iblis,termasuk org yg somong,apakah itu bukan sifatnya iblis.sadarlah smuanya umat muslim jgn mengejek satu sama lain.tuhan sama,nabi sama apa yg jadi permasalhan.mslh kebernaran hakiki itu hnya urusan allah.

    BalasHapus
  19. mempelajari tassawuf dan mengamalkanya adalah fardu ain, karena itu untk memaslahatkan ibdah batin, seperti halnya kita wajib belajar fiqih untk memaslahtkn ibdah dzohir. . mari kita simak mabadi/persiapan tasawwuf. .
    Birokrasi Ilahiyyah gambar Ilustrasi Sebaiknya setiap orang yang akan memulai membahas satu cabang ilmu hendaknya memahami pandangan umum atau pendahuluannya sebagai gambaran sebelum ia masuk ke dalamnya agar bisa memahami dengan jelas dan tidak kabur. Penggambaran tersebut tidak akan jelas melainkan dengan mengetahui 10 dasar-dasar ilmu sebagaimana dijelaskan bait syair berikut: إِنَّ مَبَـادِى كُلِّ فَنِّ عَشْـرَةٌ    اَلْحَدُّ الْمَوْضُوْعِ ثُـمَّ الثَّمَـرَةُوَفَضْـلُهُ وَنَسَـبُهُ وَالْوَاضِعُ اْلإِسْمُ وَالْإِسْتِمْدَادُ حُكْمُ الشَّارِعِمَسَآئِلُ وَالْبَعْضُ بِالْبَعْضِ اكْتَفَى وَمَنْ دَرَى الْجَمِيْعَ حَازَ الشَّرَفَاSesungguhnya dasar setiap disiplin ilmu adalah 10: definisi, tema, manfaat, keutamaan, korelasi, nama, landasan, hukum, dan probematikanya. Barang siapa mengetahui semuanya maka ia telah memperoleh kemuliaan.#حَدُّ التَّصَوُّفِ #عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ أَحْوَالُ النَّفْسِ مَحْمُوْدُهَا وَمَذْمُوْمُهَا وَكَيْفِيَةُ تَطْهِيْرِهَا مِنَ الْمَذْمُوْمِ مِنْهَا وَتَحْلِيَّتُهَا بِالإِتِّصَافِ بِمَحْمُوْدِهَا وَكَيْفِيَةُ السُّلُوْكِ وَالسَّيْرُ إِلَى اللهِ وَالْفِرَارُ إِلَيْهِ.Definisi Tasawuf menurut Etimologi :“Ilmu untuk mengetahui keadaan jiwa baik dan buruknya, mengetahui bagaimana membersihkan jiwa dari kotorannya dan memperindah jiwa dengan sifat-sifat yang terpuji. Dan untuk mengetahui cara/proses perjalanan menuju Allah”.# مَوْضُوْعُهُ #أَفْعَالُ الْقَلْبِ وَالْحَوَاسِ مِنْ حَيْثُ التَّزْكِيَّةِ وَالتَّصْفِيَّةِObjek Kajian ilmu Tasawuf:Pekerjaan hati (gerak-gerik hati) dan panca indera dalam konteks pembersihan dan penyuciannya.#ثَمْرَتُهُ  # تَهْذِيْبُ الْقُلُوْبِ وَمَعْرِفَةُ عَلّامِ الْغُيُوْبِ ذَوْقًا وَوُجْدَانًا وَالنَّجَاةُ فِى اْلآخِرَةِ وَالْفَوْزُ بِرِضَااللهِ تَعَالَىBuah dari Ilmu Tasawuf:Membersihkan hati, mengenal alam gaib dengan merasakan dan meraihnya, selamat di akhirat serta bahagia dengan Ridho Allah SWT.# فَضْلُهُ #أَنَّهُ أَشْرَفُ الْعُلُوْمِ لِتَعَلُّقِهِ بِمَعْرِفَةِ اللهِ تَعَالىَ وَحُبِّهِKeutamaan Ilmu Tasawuf:Bahwa Ilmu Tasawuf adalah ilmu yang mulia dihubungkan dengan yang lainnya. Karena ilmu Tasawuf berkaitan dengan Mengenal Allah dan Mencintai-Nya.#نِسْبَتُهُ # نِسْبَتُهُ إِلَى غَيْرِهِ مِنَ الْعُلُوْمِ أَنَّهُ أَصْلٌ لَهَا وَشَرْطٌ فِيْهَا وَهُوَ كَالرُّوْحِ لِلْجَسَدِ.Nisbat/Korelasi Tasawuf dengan Ilmu yang lainnya:1. Ilmu Tasawuf, Ilmu asal dan menjadi syarat ilmu yang lainnya.2.  Ilmu Tasawuf bagaikan ruh bagi ilmui-ilmu yang lainnya.#وَاضِعُهُ # اَللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَأَوْحَاهُ إِلَى َرسُوْلِ اللهِ ص.م وَالأَنْبِيَآءِ قَبْلَهُ فَإِنَّهُ رُوْحُ الشَرَائِعِ وَالأَدْياَنِ الْمُنْـزَلَةِ كُلِّهَاPeletak Dasar Ilmu Tasawuf :Allah SWT dan mewahyukannya kepada Rosululloh SAW dan para nabi sebelumnya. Karena ilmu Tasawuf sebagai ruh bagi syari’at dan agama-agama yang diturunkan.#إِسْمُهُ# إِسْمُهُ عِلْمُ التَّصَوُّفِ مَأْخُوْذٌ مِنَ الصَّفَاNama Ilmu Tasawuf:Diambil dari lafadz ‘soffa’ yang berarti bersih.#  إِسْتِمْدَادُهُ #مِنَ الْكِتَابِ وَسُّنَّةِ وَالآثَارِ الثَّابِتَةِ مِنْ خَوَاصِ الأُمَّةِ.Sumber ilmu Tasawuf:Bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah dan atsar dari orang-orang yang terpilih# حُكْمُ الشَّارِعِ # اَلْوُجُوْبُ الْعَيْنِيُّHukum Ilmu Tasawuf:Dalam perspektif agama adalah wajib ‘Ain bagi setiap muslim.# مَسَائِلُهُ #قَضَايَاهُ الْبَاحِثَةِ عَنْ صِفَاتِ الْقُلُوْبِ وَكَلاَمِ الْقَوْمِ كَالزُّهْدِ وَالْوَرَاعِ وَالْمَحَبَّةِ وَغَيْرِهَاMasalah-masalah Ilmu Tasawuf :Meliputi seluruh pengantar pembahasan tentang sifat hati dan istilah-istilah tasawuf seperti zuhud, wara’, mahabbah, dan lain-lain.Sumber: Kitab Tanwirul Qulub, karangan Syekh Muh. Amin al Kudri, Hal : 405 – 409. 

    BalasHapus
  20. Org tasawuf sangat hina di hadapan allah, sehingga org tasawuf melakukan ibadah seperti solat lima waktu atas dasar cinta atas perintah dan malah sangat bahagia ketika suara adzan datang(seruan allah) untuk melakukan sembahyang, bukan sekedar melunasi kewajiban, mereka tdk terpaksa dan tdk terburu buru dalam melakukan perintah allah di dalam solat, orang taswuf lebih banyak bersukur kpd allah atas nikmatnya, seperti kepunyaan allah yg dia nikmati setiap saat, napas, tangan hidung mukut, kaki mata lidah dan seluruh anggota tubuh kita itu aemua kepunyaan allah sehingga ketika dia menganl dirinya dia kenal akan tuhan nya, dan setelah mereka mengenal takutlah atas dirinya melupakan allah yg setiap saat menyayangi dan mengasihi nya, mereka malu apabila tdk dapat bersyukur pd allah...

    BalasHapus
  21. Sekarang sy bertanya kpd anda? Mana lebih banyak kita teringat kpd allah di dalam solat dari pada teringat selain allah, kalo masih banyak teringat selain allah dalam solat belajarlah ilmu tasawuf, dan carilah guru yg benar jgn guru tasawuf yg asal asalan, apabila guru tasawuf itu tdk melakukan solat itu bukan lah guru tasawuf yg benar, karna guru tasawuf yg benar sangat menjunjung alquran dan hadis serta tdk di benar kan meninggalkan syariat

    BalasHapus
  22. assalamualaikum afwan ana mau tanya apa seorang muslim hanya beriman kpd yg gaib atau harus mempelajari yg gaib? apa tasawuf tentang mengimani yg gaib atau mempelajari hal yg gaib? soalnya sy baca ayat alquran ini : Al A'raf 188, Al An'am 50, Yunus 49, Al Jin 26-27, Hud 31 .

    BalasHapus
  23. assalamualaikum afwan ana mau tanya apa seorang muslim hanya beriman kpd yg gaib atau harus mempelajari yg gaib? apa tasawuf tentang mengimani yg gaib atau mempelajari hal yg gaib? soalnya sy baca ayat alquran ini : Al A'raf 188, Al An'am 50, Yunus 49, Al Jin 26-27, Hud 31 .

    BalasHapus
  24. Kenapa ghaib allah itu wajibul wujud,sifat,asma,dan af'al.
    Yang di katakan ghaib itu iyalah bagi orang" yg belum memahami siapa yg di dalam dirinya, dan kenapa dia mampu bergerak, dan sifat allah itu nyata,semua itu ghoibul ghuyub_samar dari yg tersamarkan,
    Jika pemahaman para ulama rahasia dari yg dirahasiakan, karena kata allah al insanu sirri wa ana sirruhu_manusia adalah rahasiaku dan aku adalah rahasia manusia.

    BalasHapus
  25. Kenapa ghaib allah itu wajibul wujud,sifat,asma,dan af'al.
    Yang di katakan ghaib itu iyalah bagi orang" yg belum memahami siapa yg di dalam dirinya, dan kenapa dia mampu bergerak, dan sifat allah itu nyata,semua itu ghoibul ghuyub_samar dari yg tersamarkan,
    Jika pemahaman para ulama rahasia dari yg dirahasiakan, karena kata allah al insanu sirri wa ana sirruhu_manusia adalah rahasiaku dan aku adalah rahasia manusia.

    BalasHapus
  26. assalamualaikum
    banyak golongan dalam islam dan golongan yang benar itu adalah golongan yg berlandaskan al qur'an dan hadits,kita tdk boleh menyalahkan sesama umat islam selama mereka merujuk pada alqur'an dan hadits

    BalasHapus
  27. Ahli Tasauf sudah memenuhi/menguasai ilmu syariat dulu,seperti fikih,ibadah jasadi,artinya para pakar tasauf itu sudah lebih dulu menguasai dan mengamalkan ilmu syariat. Dan mereka menguatkannya atau menyempurnakannya dengan tasauf.


    BalasHapus
  28. Pendapat yang banyak di sini kebanyakan (tdk semua) tentang hafalan Al Quran dan hadist terutama yang berfaham dari M. Abdul wahab cs... Seperti sebuah perkataan yang tidak melewati kerongkongan, mengapaaa? Karena kerongkonganku terasa kering... Hahaha

    BalasHapus
  29. Biar GK ribet...orang yg sering mengkritik orang sufi..baik ajarannya ataupun amaliyahnya...suruh ngecek langsung di lokasi aslinya...biar diteliti secara langsung dan wawancara secara langsung dengan pelaku tasawuf..agar GK salah paham,..lawong nelitinya lewat literatur aja. mana bisa tau aslinya,...

    BalasHapus
  30. Kalau komen yg mengkritik tentang sufi..lihat pasti lak kopas..apakah yg komen paham dengan isi komentarnya..saya yakin tidak..karena itu semua adalah senjata ampuh meruntuhkan persatuan umat islam..ayo bertemu secara tatap muka..kita adu pemahaman dan kedalaman ilmu...

    BalasHapus